-->

Header Menu

Media Amerika, Tiongkok dan Singapura menyoroti kemenangan Prabowo, mengatakan demikian.


Jakarta, RACORDCANON - Pemilihan presiden (pilpres) Indonesia membuat beberapa media menjadi sorotan. Tak terkecuali media asing.

Halaman misalnya dari Amerika Serikat (USA) dan China serta negara tetangga Indonesia lainnya. Hal itu juga terlihat pasca kemenangan Prabowo pada quick count dan live count yang terus dilakukan KPU.

Setidaknya beberapa media Tiongkok memberitakan pemilu presiden Indonesia, menurut pantauan RACORDCANON. Ini termasuk Xinhua, China Daily dan South China Morning Post (SCMP).

"Kandidat presiden Prabowo Subianto berhasil memenangkan pemilihan presiden Indonesia, menurut beberapa penghitungan cepat yang dirilis Rabu malam,"; tulis Xinhua dalam artikel berjudul "Hitungan Cepat Tunjukkan Prabowo Subianto Menangkan Pemilu Presiden #039 di Indonesia"; dipinjam pada Selasa (20.02.2024).

"Penghitungan cepat dilakukan oleh setidaknya enam lembaga penelitian terkemuka... Hasilnya menunjukkan bahwa Subianto memperoleh sekitar 58% 90% suara yang dihitung, sedangkan dua pesaingnya, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, memperoleh sekitar 25. % dan 16 0,5% suara,” jelasnya lagi.

ChinaDaily juga melaporkan hal ini. Hal ini menjelaskan bagaimana Prabowo unggul dengan serangkaian perhitungan cepat.

"Menurut Lembaga Penelitian LSI Denny JA, (Prabowo) Subianto memimpin dengan 58,24%, mengungguli rivalnya Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo masing-masing dengan 25,14% dan 16,61%,"; dia menulis

"Lembaga pemikir Cyrus Network dan Center for Strategic and International Studies (CSIS) memberi Subianto 58,36% suara dan Baswedan 24,93%. Pranowo tertinggal dengan 16,72%," tambahnya.

juga menayangkan "Kedai Kopi". , Subianto mengungguli Baswedan dan Pranowo masing-masing sebesar 58,99%, 24,25%, dan 16,76%. Populi Center mengungguli Subianto dengan 59,25%, disusul Baswedan dan Pranowo dengan 25,12% dan 15,63%" dijelaskan lagi.

Media ini juga memuat pengamat yang menyebut Prabowo menang satu putaran. Namun, hasil resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) diumumkan akan diumumkan pada pertengahan Maret mendatang.

Sementara itu, media South China Morning Post (SCMP) menyoroti bagaimana kemenangan Prabowo akan berdampak pada Tiongkok. SCMP menulis bagaimana pendekatan pragmatis Jokowi telah menyebabkan pembangunan infrastruktur yang pesat di negara ini dengan banyaknya investasi Tiongkok selama dekade terakhir, dan hal ini tidak akan banyak berubah di bawah kepemimpinan Prabowo.

"Beberapa analis berpendapat bahwa Prabowo tidak mungkin melakukan apa pun untuk mengubah kerja sama ekonomi antara Presiden Joko Widodo dan Tiongkok," unduh artikel SCMP "Hubungan Indonesia-Tiongkok: Akankah Presiden terpilih Prabowo menentang Beijing atau mempertahankan kesepakatan ekonomi Tiongkok, Widodo?" .

“Namun, seorang pengamat percaya bahwa Prabowo dapat menggunakan status non-blok Indonesia untuk mengambil keuntungan dari persaingan kepentingan Washington dan Beijing di negara ini,” tambahnya, merujuk pada prinsip hubungan luar negeri Indonesia yang netral.

Ada pula pembahasan mengenai apa kebijakan RI terhadap nikel ke depan. Dimana Tiongkok merupakan investor terbesarnya.

“Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia dan melarang ekspor bijih nikel pada tahun 2020 sebagai bagian dari strategi membangun rantai pasokan kendaraan listrik dan baterai yang kompetitif,”; dia menulis

"Tiongkok merupakan investor yang berminat, menginvestasikan $3,6 miliar di sektor nikel Indonesia pada paruh pertama tahun 2022 saja," tambahnya..

Mengutip pengamat SCMP yang mengatakan bahwa hubungan dengan Tiongkok yang dibangun pada masa kepemimpinan Jokowi “terlalu berharga untuk diubah secara radikal” dan hal itu “hanya akan merugikan Indonesia”.

Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang juga menjanjikan investasi baru sebesar $21,7 miliar di Indonesia, di luar komitmen sebelumnya sebesar $44,89 miliar, ketika Jokowi bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping pada Juli 2023. Karena insentif untuk berubah sangat kecil dan Jokowi masih populer,” kata Pengamat dari Cornell University, Tom Pepinsky.

“Jadi secara politis akan baik bagi Prabowo untuk terus menempuh jalur ini,” tambahnya.

CNN International memuat berita utama: "Once banned from the US, this fiery ex-army general is poised to lead Indonesia. What to expect". Digambarkan bagaimana ia bekerja sangat keras menutup masa lalu dan mengubah diri menjadi lembut serta menyenangkan untuk meraih kemenangan dalam pilpres setelah dua kali gagal dalam pencalonan sebelumnya.

Hal ini menyoroti betapa fokusnya pemerintah jika benar Prabowo resmi menjadi Presiden RI. Ditambahkan komentar pengamat yang membedakannya dengan Presiden saat ini Joko Widodo (Jokowi).

Prabowo, tulis lelaki tua itu, dikenal sebagai sosok yang "berapi-api dengan latar belakang militer dan masa lalu yang agresif". Dia mungkin jauh lebih blak-blakan dan konfrontatif dibandingkan Jokowi, yang dikenal dengan sikapnya yang tenang dan tenang.

Dia percaya bahwa pertumbuhan dan pembangunan ekonomi akan menyelesaikan semua konflik," tulis media Amerika Atlanta, mengutip Zachary Abuza, seorang profesor politik dan masalah keamanan Asia Tenggara. National War College Washington, DC

“Saya melihat Prabowo melihat berbagai hal melalui kacamata militer. Pelestarian kedaulatan dan keamanan nasional adalah prioritasnya," dia menekankan.

Artikel ini menyoroti bagaimana Prabowo bisa lebih nyaman "bertindak"pemimpin dunia dibandingkan dengan Jokowi. Prabowo disebut-sebut lebih menguasai bahasa Inggris dan lebih percaya diri “bergerak di dunia internasional”.

"Sebagai presiden Indonesia, Prabowo berada di bawah tekanan yang lebih besar untuk memimpin dan memelihara hubungan diplomatik yang kuat dengan negara-negara seperti Tiongkok dan Amerika Serikat, serta tetangga dekat Australia," kata pakar surat kabar tersebut.

Indonesia, yang memiliki cadangan nikel terbesar di dunia, dipandang sebagai hadiah utama atas pengaruhnya di Asia. Menurut CNN International, netralitas yang didukung Jokowi juga bisa diterapkan oleh Prabowo.

“Kami berharap Indonesia di bawah kepemimpinan Prabowo melanjutkan pendekatan pragmatis dan menjaga netralitas dengan menyelaraskan diri dengan Tiongkok atau Amerika Serikat, sehingga Indonesia terus menerima investasi Tiongkok dan Barat,” kata Laura Schwartz, analis risiko Asia Tenggara di Verisk Maplecroft.

"Namun, kami mengharapkan pengawasan internasional terhadap citranya... Prabowo mungkin telah meningkatkan citranya di dalam negeri, namun ia masih dipandang sebagai sosok yang terpolarisasi di panggung global dan kemungkinan akan menghadapi pengawasan yang lebih ketat karena sejarah kontroversialnya," dia menjelaskan lagi.

CNN International pun menyoroti Prabowo sebagai pengusaha cerdas dan kaya raya. Faktanya, kekayaan bersihnya adalah $125 juta.

Namun mereka kembali mengungkit bagaimana Prabowo adalah seorang tentara. Ada kemungkinan bahwa hal ini akan memberinya prioritas yang berbeda.

"Sebagai menteri pertahanan, dia berkomitmen untuk memodernisasi militer. Sebagai presiden, tidak jelas bagaimana dan apakah dia akan menggunakan militer untuk mencapai tujuannya," kata Chong, seorang analis di Universitas Nasional Singapura.

Di Laut Cina Selatan (LCS), dia mengatakan mungkin Prabowo "lebih bersedia mengambil risiko" dibandingkan Jokowi. Sedangkan untuk Papua, menurutnya mungkin bisa lebih Tegas terhadap pemberontak di sana..

Sorotan tersebut dimuat oleh media Singapura The Straits Times dalam artikel bertajuk Prabowo experience as defence minister a boon for Singapore-Indonesia ties: Experts'. Dimasukkan sejumlah fakta dan pernyataan pengamat bagaimana kemenangan Prabowo adalah pertanda baik bagi negara itu.

"Pada tanggal 21 November 2023, seminggu sebelum dimulainya kampanyenya untuk menjadi presiden Indonesia berikutnya, Prabowo Subianto berada di Singapura untuk menerima penghargaan militer tertinggi negara tersebut".

Dalam keterangannya mengenai penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) atau Medali Kehormatan Militer, Kementerian Pertahanan Singapura menekankan pentingnya Perjanjian Kerja Sama Pertahanan yang memperkuat hubungan keamanan keduanya. negara diratifikasi memuat ulang media.

"Kesepakatan 2022 Dibantu Pak Prabowo… merupakan tonggak penting dalam hubungan pertahanan bilateral,” tulis Strait Times dan memuat pernyataan Kementerian Pertahanan Singapura saat itu.

“Contoh-contoh tersebut menunjukkan betapa akrabnya Pak Prabowo dengan Singapura dan betapa hal ini menjadi pertanda baik bagi hubungan kedua negara,” kata para analis kepada The Straits Times. dia menjelaskan.

Ucapan selamat dari Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong juga disebutkan. Tak butuh waktu lama, Prabowo mendeklarasikan dirinya sebagai pemenang Pilpres, beberapa jam setelah hasil quick count lebih dari 99%.

Ada juga pembicaraan tentang Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam yang memberikan penghargaan terbaru kepada Prabowo.

Prabowo juga menghadiri dua Dialog Shangri-La tahunan terakhir, sebuah pertemuan pertahanan tingkat tinggi di Singapura.

"Prabowo sudah tidak asing lagi dengan Singapura karena sering berkunjung ke negara tersebut dan berinteraksi dengan para pemimpin negara," tambah halaman

Dari segi hubungan militer, kedua negara diyakini semakin harmonis. Hubungan tersebut diyakini akan semakin berkembang, tidak hanya di bidang pertahanan, tetapi juga di bidang lain.

“Berdasarkan prinsip kesetaraan, saling menguntungkan dan menghormati kedaulatan, kerja sama militer yang kredibel antara Singapura dan Indonesia berarti kedua belah pihak dapat dengan percaya diri mengembangkan hubungan bilateral mereka,” kata Associate Professor Leonard Sebastian S. Sekolah Studi Internasional Rajaratnam diterbitkan di Strait Times.

"Sebagai presiden, Pak Prabowo akan terus mendorong kerja sama yang lebih erat antara kedua lembaga pertahanan," dia menambahkan.

“Kita mengharapkan Indonesia yang sibuk dan berwawasan ke luar, fokus pada pemenuhan perannya dalam membentuk tatanan regional, dan pemerintahan yang mengedepankan kesinambungan politik, fokus pada pembukaan potensi ekonomi Indonesia,” dijelaskan lagi.

"Prabowo menekankan konsistensi kebijakan perdagangan dan investasi untuk menguntungkan Singapura, mengingat Singapura adalah investor dan mitra dagang terpenting bagi Indonesia," kata pengamat lainnya, Dr Mustafa Izzuddin, analis senior urusan internasional di Solaris Strategies Singapura.

“Amanat Sehat yang diberikan oleh Prabowo juga menjadi pertanda baik bagi masa depan kedua negara,” katanya lagi.

Perlu diketahui bahwa pada tahun 2022, Indonesia akan menjadi sumber wisatawan terbesar bagi Singapura, dengan sekitar 1,1 juta orang. Jumlah ini merupakan 17,4% dari seluruh pemasukan. 

Di sisi lain, Singapura merupakan investor asing terbesar bagi Indonesia sejak tahun 2014. Total volume investasi akan mencapai 17,5 miliar dolar pada tahun 2022.

Pada tahun 2022, Singapura akan menjadi mitra dagang terbesar keempat bagi Indonesia. Indonesia. Indonesia sendiri merupakan mitra dagang terbesar keenam Singapura dengan perdagangan bilateral sebesar $74,6 miliar..

0 Response to "Media Amerika, Tiongkok dan Singapura menyoroti kemenangan Prabowo, mengatakan demikian."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel