-->

Header Menu

Semangat Pesta Demokrasi Bumi Sikerei.


Mentawai - Berita pemilu menyebar dari kota-kota dan desa-desa terpencil hingga pulau-pulau paling terpencil, termasuk Bumi Sikerei, kepulauan Mentawai di Indonesia bagian barat.

Penduduk pulau dengan pengobatan spiritual tradisional. tabib berjuluk Sikerei tidak mau menyia-nyiakan apapun. kesempatan untuk memilih mereka menjadi anggota Partai Demokrasi lima tahunan, termasuk para pendatang yang menyempatkan diri untuk memilih di rumah.

Menurut data KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai, kabupaten ini memiliki 367 TPS di 43 desa dan 10 kelurahan .

Sedangkan jumlah pemilih tetap 66.129 orang, terdiri dari laki-laki 34.262 orang dan perempuan 31.867 orang. Hampir setengah dari pemilih tetap, yaitu 30.101, berada di Pulau Siberut, pulau terbesar dari empat pulau utama di kabupaten ini dan pulau asal suku Mentawai.

Pulau ini terletak 150 kilometer sebelah barat Sumatera di Samudera Hindia, yang paling terpencil dari lima kecamatan, yaitu. Siberut Selatan, Siberut Utara, Siberut Tengah, Siberut Barat Daya, dan Siberut Barat.

Logistik pemilu 2024 didistribusikan dari Pusat Distrik Tuapejie di Pulau Sipor hingga Muara Siberut di Pulau Siberut dan perjalanan laut memakan waktu dua hingga tiga jam.

Peralatan TPS subkawasan Siberut Selatan. Distrik tersebut didatangkan dengan enam perahu panjang yang masing-masing dikawal polisi.Setelah sampai di dermaga, logistik dipindahkan ke gudang PPK dan didistribusikan setelah beberapa hari.

Selain itu, distribusi melalui sungai dan beberapa jalan tanah, tempat terjauh enam jam perjalanan dengan "pompong", perahu panjang bermesin tempel yang dapat mengarungi lika-liku sungai Rereiket.

Sikerei yang juga pemilik pompong Aman Lepon membantu logistik di desanya Desa Madobag di Dusun Buttui. Suku Sikerei merupakan pemimpin adat yang memiliki kekuatan penyembuhan khas penduduk asli Mentawai dan dipercaya mampu menyembuhkan penyakit melalui ritual tertentu.

Suku Sikerei tinggal di hampir setiap desa di hulu Siberut Selatan, meski kini banyak rumah mereka yang telah dirusak. dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi.. dekat jalan raya. Mereka biasanya dikenali dari tato di seluruh tubuh, merokok daun tembakau, dan memakai celana dari kulit kayu.

Sikerei juga berpartisipasi pada hari penghitungan suara, menggunakan hak pilihnya dan berinteraksi dengan orang lain untuk merayakan demokrasi demi masa depan yang lebih baik.

Sikerei berharap presiden terpilih dan anggota legislatif lebih memperhatikan nasib mereka di pedalaman, terutama pembangunan yang adil dan harga yang stabil untuk memenuhi kebutuhan dasar.

Mereka juga demikian. Saya berharap pemerintahan baru dapat membantu anak-anak mereka untuk mendapatkan pendidikan terbaik agar mereka bisa sukses dan berkontribusi lebih besar bagi kesejahteraan negara tercinta, khususnya tanah air Bumi Sikerei.

.

0 Response to "Semangat Pesta Demokrasi Bumi Sikerei."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel