-->

Header Menu

GOODNEWS - Data terbaru gempa Banjabaru Kalsel, BMKG mengungkap kekuatan dan lokasinya.


GOODNEWS  - Informasi Gempa Hari Ini. Gempa tersebut diperkirakan terjadi 45 kilometer dari Kota Banjabaru, Kalimantan Selatan.

Berdasarkan rilis BMKG tritter X, gempa berkekuatan magnitudo 4,8 terjadi sekitar pukul 08:22 WIB atau 09:22 WITA.

Menurut BMKG, lokasinya masih 19 kilometer timur laut Banjar, Kalimantan Selatan.

Data ini berdasarkan kecepatan, jadi hasilnya belum stabil dan mungkin berubah setelah data siap.

"#Gempa Mag: 4.8, 13-Feb-2024 08:22:22WIB, Loc: 3.19LS, 115.12E (19 km Timur Laut BANJAR-KALSEL), Kedalaman:10 km #BMKC Proses informasi ini menandakan bahwa proses data tayangannya belum stabil dan bisa saja berubah jika datanya sudah siap," tulis akun tersebut.

Saat ini Banjarmasinpost.co.id masih mengumpulkan informasi dari lapangan dan sekitarnya.

Gempa bumi di Kalimantan Selatan akibat tumbukan lempeng di Papua

Kerak Pasifik (batuan) bertabrakan dengan kerak benua Asia di Papua (Jayapura-Manokwari).

Hal tersebut diungkapkan Ir Adip Mustofa, ST, MT, Dosen Teknik Geologi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) pada Senin (13/11/2023) mengenai gempa bumi yang disebut BMKG di wilayah barat laut Kabupaten Balangan.

“Tumbukan tersebut menyebabkan subduksi kerak samudera dan energinya merobek kerak bumi dari Papua hingga Kalimantan melalui sesar yaitu Sesar Sula Sorong yang dilanjutkan oleh Sesar Mantano dan Sesar Lausanopo serta Sesar Palu Koro,” Menurut dia, gempa terjadi di Balangan tepatnya 2,16 Lintang Selatan dan 115,52 Bujur Timur atau 21 kilometer barat laut Kabupaten Balangan.

Pergerakan sesar Palu Koro memicu berkembangnya keretakan yang membelah Selat Makassar menjadi Kalimantan (Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara).

Adanya patahan tersebut menunjukkan adanya pergerakan balok yang patah.

Sesar terakhir yang memotong basement Selat Makassar hingga daratan Kalimantan, memicu sumber energi gempa Kalimantan Selatan ketika bersentuhan dan menggeser blok sesar Meratus.

Hal ini mengakibatkan aktifnya kembali Sesar Meratus yang bersifat pra Tersier (berusia puluhan hingga ratusan juta tahun lalu) dan tidak aktif (kompensasi).

"Energi gempa Kalimantan Selatan akan tersimpan di sini, yang lama kelamaan akan dikeluarkan oleh gempa seperti yang terjadi di Balangan baru-baru ini," tambah Adip.

Mengingat durasi pemicu gempa dan magnitudo gempa Kalsel yang selalu relatif kecil yakni Magnitudo 4-5, tidak menutup kemungkinan gempa serupa akan terjadi.

Reaktivasi Sesar Meratus harus menjadi pertimbangan penting, mengingat jalur Sesar Meratus sebelah barat dan timur Pegunungan Meratus saat ini termasuk kawasan rawan gempa.

0 Response to "GOODNEWS - Data terbaru gempa Banjabaru Kalsel, BMKG mengungkap kekuatan dan lokasinya."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel